|
PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 2 RAJADESA
Jalan
Raya Sukaharja No. 119 Rajadesa 46254 Kabupaten Ciamis
|
SILABUS
Sekolah : SMP
NEGERI 2 RAJADESA
Kelas : VII
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Semester : II (dua)
Standar
Kompetensi : 3. Menampilkan sikap positif
terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM).
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER PEMBELAJARAN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.1 Menguraikan hakikat, hukum, dan kelembagaan HAM.
|
· Hakikat HAM
·
Landasan
HAM
·
Lembaga HAM
|
· Kajian
referensi dan mendiskusikan tentang hakikat hak asasi manusia, dasar hukum,
dan lembaga HAM
|
· Menjelaskan pengertian HAM
· Menyebutkan dasar hukum penegakan
HAM di Indonesia
· Menyebutkan lembaga-lembaga perlindungan HAM
|
Tes
lisan
Tes
tulis
Tes
lisan
Penugasan
|
Daftar
pertanyaan
Tes
pilihan ganda
Daftar
pertanyaan
Tugas
Kelompok
|
1.Apa yang
kalian ketahui tentang HAM?
2. Berikut ini merupakan
dasar hukum HAK ASASI MANUSIA di Indonesia ....
a. UU No.20 Tahun 2003
b. UU No. 8 Tahun 1998
c. UU No. 32 Tahun 2004
d. UU No. 39 Tahun 1999
3. Sebutkan 3 lembaga perlindungan HAM di Indonesia!
4. Tulislah hak-hak kalian sebgai anak sebagaimana
terlampir dalam Undang-Undang No. 39 Tahun 1999 dan Undang-Undang No. 23
Tahun 2002, lalu analisislah pasal-pasal tersebut! Sudahkah hak-hak tersebut
kalian peroleh?
|
4
X 40’
|
·
A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008).
Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah
kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.2
Mendeskripsikan
kasus pelanggaran dan upaya penegakan HAM
|
·
Kasus-kasus pelanggaran HAM
|
·
Mengamati,
mencermati, dan membuat laporan tentang kasus-kasus pelanggaran HAM di
lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar tempat tinggal.
|
· Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di
lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
· Mengemukakan partisipasi masyarakat dalam
perlindungan HAM.
|
Tes
lisan
Penugasan
Penugasan
|
Daftar
pertanyaan
Tugas
rumah
Tugas
proyek
|
1. Berikan
contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi di rumah, sekolah, dan lingkungan
tempat tinggal kalian!
Tugas :
Buat klipping dari guntingan surat kabar tentang kasus-kasus
pelanggaran HAM!
Tugas:
Wawancarailah anggota
kepolisian setempat tentang upaya yang mereka lakukan dalam rangka penanganan
pelanggaran HAM di wilayahnya!
|
4 x 40’
|
·
A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008).
Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah
kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.3 Menghargai upaya perlindungan HAM
|
Perlindungan dan Penegakan HAM
|
· Kajian
referensi dan mendikskusikan tentang peranan pemerintah dan lembaga
perlindungan HAM.
|
· Menguraikan peranan pemerintah dan lembaga
HAM terhadap perlindungan HAM
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes
uraian
Tes
uraian
|
1. Uraikan secara jelas dan tepat peranan lembaga
perlindungan HAM di bawah ini!
a.
Komnas
Hak Asasi Manusia
b.
Yayasan
Lembaga Bantuan Hukum Indonesia
c.
Komisi
untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan
d.
Lembaga
Studi dan Advokasi Masyarakat
2.
Jelaskan
upaya pemerintah dalam melindungi HAM!
|
8
x 40’
|
· A.T
Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan
Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan
Nasional.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3.4
Menghargai Upaya penegakkan
HAM
|
Perlindungan dan
Penegakan HAM
|
· Mengamati, mencermati, dan
membuat laporan tentang upaya-upaya penegakan HAM.
· Mengamati , mencermati, dan
membuat laporan tentang upaya-upaya perlindungan HAM di lingkungan keluarga,
sekolah, dan masyarakat sekitar tempat tinggal
|
· Menjelaskan upaya
pemerintah dan lembaga HAM dalam menegakkan HAM.
· Menunjukkan
sikap positif terhadap upaya perlindungan
HAM di wilayahnya
|
Tes
tulis
Kuesioner
|
Daftar
pertanyaan
Skala sikap
|
1. Jelaskan
upaya pemerintah dan lembaga HAM dalam menegakkan HAM !
Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada
kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan:
SS: Sangat
Setuju (bobot skor 5 jika pernyataan positif, dan 1 jika negatif)
S: Setuju
(skor 4 jika pernyataan positif dan 1 jika negatif)
N: Netral/tidak berpendapat
(skor 3)
TS: Tidak
Setuju (bobot skor 2 jika pernyataan positif dan 4 jika negatif)
STS: Sangat
Tidak Setuju (bobot skor 5 jika
pernyataan positif dan 1 jika negatif
|
4
x 40’
|
·
A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008).
Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah
kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.
|
Mengetahui,
|
|
Rajadesa,
Desember 2011
|
Kepala
Sekolah SMP Negeri 2 Rajadesa
AGUS
SUPARMAN S., S.Pd., M.M.Pd.
NIP.
19660805 198803 1010
|
|
Guru
mata pelajaran
AEN
RUDIANA S.Pd
|
|
PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 2 RAJADESA
Jalan
Raya Sukaharja No. 119 Rajadesa 46254 Kabupaten Ciamis
|
SILABUS
Sekolah : SMP
NEGERI 2 RAJADESA
Kelas : VII
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Semester : II (dua)
Standar
Kompetensi : 4. Menampilkan perilaku
kemerdekaan mengemukakan pendapat.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER PEMBELAJARAN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TEKNIK
|
BENTUK
|
CONTOH INSTRUMEN
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.1Menjelaskan hakikat kemerdekaan
mengemukakan pendapat.
|
·
Kemerdekaan
mengemukakan pendapat
|
· Mengamati, mencermati, dan membuat laporan
tentang pelaksanaan kemerdekaan mengemukakan pendapat di lingkungan keluarga,
sekolah, dan masyarakat sekitar tempat tinggal.
|
· Menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan
pendapat.
· Menjelaskan dasar hukum kemerdekaan mengeluarkan
pendapat.
· Menguraikan bentuk-bentuk mengeluarkan pendapat
di muka umum.
· Menjelaskan akibat pembatasan kemerdekaan
mengemukakan pendapat.
· Menjelaskan
konsekuensi kebebasan mengemukakan pendapat tanpa batas.
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Tes
lisan
Tes
lisan
|
Tes
pilihan ganda
Tes
pilihan ganda
Daftar
pertanyaan
Daftar
pertanyaan
|
1. Kemerdekaan
menyampaikan pendapat di muka umum adalah hak setiap ....
a. WNI
b. WNA
c.
Penduduk
d. Manusia
2. UUD
1945 memberikan jaminan terhadap kemerdekaan
mengeluarkan pendapat. Jaminan tersebut tertuang dalam pasal ….
a. 27
b. 28
c. 29
d. 30
3. Wujud
pelaksanaan kemerdekaan menyampaikan pendapat secara lisan di muka umum ....
a. demonstrasi
b. pawai
c.
rapat umum
d. mimbar
bebas
4. Apa
akibatnya jika ada pembatasan kebebasan mengemukakan pendapat ?
5. Apa
akibatnya jika tidak ada batasan dalam mengemukakan pendapat?
|
8
x 40’
|
·
A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008).
Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas
VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.2 Menguraikan
pentingnya kemerdekaan mengemuka-kan
pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.
|
Kemerdekaan mengemukakan pendapat
|
Diskusi
dalam rangka mempraktikkan kemerdekaan
mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab dengan tema “Narkoba”.
|
·
Menjelaskan hakikat
kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas
dan bertanggung jawab.
·
Menjelaskan tata cara mengemukakan pendapat secara
bebas dan bertanggung jawab.
·
Mendemonstrasi-kan bentuk menyampaikan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
|
Tes
tulis
Tes
tulis
Pengamatan
Unjuk
Kerja
|
Tes
pilihan ganda
Tes
pilihan ganda
|
1.
Berikut ini adalah kewajiban dan
tanggung jawab yang harus dipenuhi dalam menyampaikan pendapat di muka umum, kecuali
....
a.
menjaga keutuhan, persatuan, dan kesatuan bangsa
b.
menjaga keamanan dan ketertiban
c.
menjaga kepentingan kelompok/etnis
tertentu
d.
menghormati hak dan kebebasan orang
lain
2.
Sebelum melakukan demonstrasi, penanggung
jawab terlebih dahulu
harus ....
a.
mendata jumlah anggotanya yang akan
berdemo
b.
mengadakan mobilisasi anggota yang
akan berdemo
c.
mengajak organisasi lain untuk
berdemo
d.
memberitahukan kepada aparat
berwenang selambat-lambatnya 3X24 jam
3.
Buatlah slogan dengan tema Bahaya
Narkoba!
4.
Demonstrasikanlah slogan tersebut
dengan memilih salah satu untuk menyampaikan pendapat
|
4
x 40’
|
· A.T
Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan
Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan
Nasional.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4.3Mengakuatlisa-sikan kemerdekaan mengemukakan
pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.
|
Kemerdekaan mengemukakan pendapat
|
Mengamati, mencermati, dan membuat laporan
pelaksanaan kemerdekaan mengemukakan pendapat di lingkungan keluarga, sekolah,
dan masyarakat sekitar tempat tinggal.
|
· Menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan
hak mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.
|
Kuesioner
|
Skala
sikap
|
Petunjuk: berilah tanda centang
(V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan:
SS: Sangat Setuju (bobot skor 5 jika pernyataan
positif dan 1 jika negatif)
S: Setuju
(skor 4 jika pernyataan positif dan 1 kalau negatif)
N: Netral/tidak berpendapat
(skor 3)
TS: Tidak
Setuju (bobot skor 2 jika pernyataan positif dan 4 jika
negatif)
STS: Sangat
Tidak Setuju (bobot skor 5 jika
pernyataan positif dan 1 jika negatif)
|
4
x 40’
|
· A.T
Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan
Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan
Nasional.
|
Mengetahui,
|
|
Rajadesa,
Desember 2011
|
Kepala
Sekolah SMP Negeri 2 Rajadesa
AGUS
SUPARMAN S., S.Pd., M.M.Pd.
NIP.
19660805 198803 1010
|
|
Guru
mata pelajaran
AEN
RUDIANA S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar