Jumat, 10 Februari 2012

silabus kelas VII smt 2


Ciamis_Kab.JPG
PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 2 RAJADESA
Jalan Raya Sukaharja No. 119 Rajadesa 46254 Kabupaten Ciamis



SILABUS

Sekolah                       : SMP NEGERI 2 RAJADESA
Kelas                           : VII
Mata Pelajaran          : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                     : II (dua)
Standar Kompetensi : 3. Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM).


KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER PEMBELAJARAN
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
3.1  Menguraikan hakikat, hukum, dan kelembagaan HAM.

·   Hakikat HAM
·   Landasan HAM
·   Lembaga HAM
·   Kajian referensi dan mendiskusikan tentang hakikat hak asasi manusia, dasar hukum, dan lembaga HAM


















· Menjelaskan pengertian HAM

· Menyebutkan dasar hukum penegakan HAM di Indonesia

· Menyebutkan lembaga-lembaga perlindungan HAM




Tes lisan


Tes tulis






Tes lisan



Penugasan




Daftar pertanyaan

Tes
pilihan ganda




Daftar pertanyaan


Tugas Kelompok


1.Apa yang kalian ketahui tentang  HAM?
2. Berikut ini merupakan dasar hukum HAK ASASI MANUSIA di Indonesia ....
a. UU No.20 Tahun 2003
b. UU No. 8 Tahun 1998
c. UU No. 32 Tahun 2004
d. UU No. 39 Tahun 1999
3. Sebutkan 3 lembaga perlindungan HAM di  Indonesia!
4. Tulislah hak-hak kalian sebgai anak sebagaimana terlampir dalam Undang-Undang No. 39 Tahun 1999 dan Undang-Undang No. 23 Tahun 2002, lalu analisislah pasal-pasal tersebut! Sudahkah hak-hak tersebut kalian peroleh?
4 X 40










·       A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.
3.2    Mendeskripsikan kasus pelanggaran dan upaya penegakan HAM

·   Kasus-kasus pelanggaran HAM
·   Mengamati, mencermati, dan membuat laporan tentang kasus-kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar tempat tinggal.
· Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.

· Mengemukakan partisipasi masyarakat dalam perlindungan HAM.

Tes lisan



Penugasan




Penugasan




Daftar
pertanyaan


Tugas rumah



Tugas
proyek



1.    Berikan contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi di rumah, sekolah, dan lingkungan tempat tinggal kalian!
Tugas :
Buat klipping dari guntingan surat kabar tentang kasus-kasus pelanggaran HAM!
Tugas:
Wawancarailah anggota kepolisian setempat tentang upaya yang mereka lakukan dalam rangka penanganan pelanggaran HAM di wilayahnya!
4 x 40’













·       A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.
3.3    Menghargai upaya perlindungan HAM









Perlindungan dan Penegakan HAM
·   Kajian referensi dan mendikskusikan tentang peranan pemerintah dan lembaga perlindungan HAM.





· Menguraikan peranan pemerintah dan  lembaga  HAM terhadap perlindungan HAM








Tes tulis










Tes tulis
Tes
uraian









Tes
uraian

1.    Uraikan secara jelas dan tepat peranan lembaga perlindungan HAM di bawah ini!
a.     Komnas Hak Asasi Manusia
b.     Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia
c.     Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan
d.     Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat
2.    Jelaskan upaya pemerintah dalam melindungi HAM!

8 x 40’










·       A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.
3.4    Menghargai Upaya penegakkan HAM

Perlindungan dan
Penegakan HAM
·   Mengamati, mencermati, dan membuat laporan tentang upaya-upaya penegakan HAM.


·   Mengamati , mencermati, dan membuat laporan tentang upaya-upaya perlindungan HAM di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar tempat tinggal
·  Menjelaskan upaya pemerintah dan lembaga HAM dalam menegakkan HAM.

·  Menunjukkan sikap positif terhadap upaya perlindungan  HAM di wilayahnya


























Tes tulis






Kuesioner






























Daftar pertanyaan





Skala sikap































1.     Jelaskan upaya pemerintah dan lembaga HAM dalam menegakkan HAM !





Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!

NO
PERNYATAAN
SS
S
N
TS
STS
1
Orang tua yang melakukan pelanggaran HAM harus diadili sesuai dengan tingkat kesalahannya.





2
Upaya penegakan HAM harus dimulai dari keluarga.





3
Guru adalah salah satu aparat penegak HAM di sekolah.





4
Kewajiban menegakkan HAM terletak  di tangan aparatur kepolisian dan LSM pemerhati HAM.





5
Guru yang menempeleng siswa karena tidak mengerjakan PR adalah bentuk upaya perlindungan HAM di kelas.






Keterangan:
SS: Sangat Setuju (bobot skor 5 jika pernyataan   positif, dan 1 jika negatif)
S: Setuju (skor 4 jika pernyataan positif dan 1 jika  negatif)
N: Netral/tidak berpendapat (skor 3)
TS: Tidak Setuju (bobot skor 2 jika pernyataan positif dan 4 jika negatif)
STS: Sangat Tidak Setuju (bobot skor 5 jika pernyataan positif dan 1 jika negatif



4 x 40’
·         A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.

Mengetahui,

Rajadesa, Desember 2011
Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Rajadesa





AGUS SUPARMAN S., S.Pd., M.M.Pd.
NIP. 19660805 198803 1010

Guru mata pelajaran





AEN RUDIANA S.Pd


Ciamis_Kab.JPG
PEMERINTAH KABUPATEN CIAMIS
DINAS PENDIDIKAN
SMP NEGERI 2 RAJADESA
Jalan Raya Sukaharja No. 119 Rajadesa 46254 Kabupaten Ciamis

SILABUS

Sekolah                       : SMP NEGERI 2 RAJADESA
Kelas                           : VII
Mata Pelajaran          : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                     : II (dua)
Standar Kompetensi : 4. Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat.


KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER PEMBELAJARAN
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
4.1Menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat.
·   Kemerdekaan mengemukakan pendapat
·  Mengamati, mencermati, dan membuat laporan tentang pelaksanaan kemerdekaan mengemukakan pendapat di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar tempat tinggal.
·  Menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat.
·  Menjelaskan dasar hukum kemerdekaan mengeluarkan pendapat.
·  Menguraikan bentuk-bentuk mengeluarkan pendapat di muka umum.
·  Menjelaskan akibat pembatasan kemerdekaan mengemukakan pendapat.
·  Menjelaskan  konsekuensi kebebasan mengemukakan pendapat tanpa batas.
Tes tulis






Tes tulis


















Tes lisan





Tes
lisan
Tes pilihan ganda





Tes pilihan ganda

















Daftar pertanyaan




Daftar pertanyaan




1.  Kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum adalah hak setiap ....
a.    WNI 
b.    WNA
c.     Penduduk
d.    Manusia
2.  UUD 1945 memberikan jaminan terhadap kemerdekaan mengeluarkan pendapat. Jaminan tersebut tertuang dalam pasal ….
a.    27
b.    28
c.    29
d.    30
3.  Wujud pelaksanaan kemerdekaan menyampaikan pendapat secara lisan di muka umum ....
a.    demonstrasi
b.    pawai
c.     rapat umum
d.    mimbar bebas
4.  Apa akibatnya jika ada pembatasan kebebasan  mengemukakan pendapat ?
5.  Apa akibatnya jika tidak ada batasan dalam  mengemukakan pendapat?
8 x 40’


























·   A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.
4.2 Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemuka-kan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.

Kemerdekaan mengemukakan pendapat
Diskusi dalam rangka mempraktikkan  kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab dengan tema “Narkoba”.
·    Menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.
·    Menjelaskan  tata cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.
·    Mendemonstrasi-kan bentuk menyampaikan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab

Tes
tulis










Tes
tulis










Pengamatan


Unjuk Kerja
Tes
pilihan ganda










Tes
pilihan ganda









1.     Berikut ini adalah kewajiban dan tanggung jawab yang harus dipenuhi dalam menyampaikan pendapat di muka umum, kecuali ....
a.     menjaga keutuhan, persatuan, dan kesatuan bangsa
b.     menjaga keamanan dan ketertiban
c.      menjaga kepentingan kelompok/etnis tertentu
d.     menghormati hak dan kebebasan orang lain
2.      Sebelum melakukan demonstrasi, penanggung jawab  terlebih dahulu
harus ....
a.     mendata jumlah anggotanya yang akan berdemo
b.     mengadakan mobilisasi anggota yang akan berdemo
c.      mengajak organisasi lain untuk berdemo
d.     memberitahukan kepada aparat berwenang selambat-lambatnya 3X24 jam
3.     Buatlah slogan dengan tema Bahaya Narkoba!
4.     Demonstrasikanlah slogan tersebut dengan memilih salah satu untuk menyampaikan pendapat

4 x 40’

·  A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.
4.3Mengakuatlisa-sikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.
Kemerdekaan mengemukakan pendapat
Mengamati, mencermati, dan membuat laporan pelaksanaan kemerdekaan mengemukakan pendapat di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar tempat tinggal.
·  Menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan hak mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.

Kuesioner
Skala sikap
Petunjuk: berilah tanda centang (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!


NO

PERNYATAAN

SS

S

N

TS

STS
1
Bagi kelompok yang akan berdemo, diharuskan meminta izin terlebih dahulu.





2
Dalam berdemo, harus jelas siapa yang menjadi pimpinan, berapa jumlah peserta, dan apa yang akan disampaikan.





3
Hari Minggu tidak boleh melakukan demo.





4
Membakar foto presiden dan  lambang negara dalam berdemo merupakan tindakan pidana.





5
Berdemo yang disertai pengerusakan fasilitas umum merupakan tindakan anarkis.






Keterangan:
SS: Sangat Setuju (bobot skor 5 jika pernyataan positif dan 1 jika negatif)
S: Setuju (skor 4 jika pernyataan positif dan 1 kalau negatif)
N: Netral/tidak berpendapat (skor 3)
TS: Tidak Setuju (bobot skor 2 jika pernyataan positif dan 4 jika negatif)
STS: Sangat Tidak Setuju (bobot skor 5 jika pernyataan positif dan 1 jika negatif)
4 x 40’
·   A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.

Mengetahui,

Rajadesa, Desember 2011
Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Rajadesa





AGUS SUPARMAN S., S.Pd., M.M.Pd.
NIP. 19660805 198803 1010

Guru mata pelajaran





AEN RUDIANA S.Pd



Tidak ada komentar:

Posting Komentar