MANAJEMEN
MUTU DALAM SISTEM PENDIDIKAN
PERENCANAAN
MUTU STRATEGIK
PENINGKATAN
KUALITAS MUTU PENDIDIKAN DALAM KEIMANAN DAN
MENUJU SEKOLAH STANDAR NASIONAL DI TAHUN 2014 DI SMPN 2 RAJADESA
I.
VISI
“UNGGUL
DALAM MUTU, MANTAP DALAM IMAN DAN BERKARYA MENUJU SEKOLAH STANDAR NASIONAL DI
TAHUN 2014”
Indikator
visi :
a.
Menjadi sekolah yang unggul dalam mutu
pendiddikan dan keimanan di wilayah regional
b.
Membekali siswa dengan pendidikan yang
bermutu disertai dengan keimanan
c.
Mampu berkarya dalam bidang akademik dan
non akademik
d.
Menjadi sekolah menengah pertama
berstandar nasional di tahun 2014
e.
Lulusan dapat memperoleh life skill
untuk kehidupan sehari-hari
f.
Lulusan dapat bersaing dalam berbagai
bidang
II. ANALISIS POSISI
A. Analisis lingkungan Internal
KEKUATAN
|
KELEMAHAN
|
1. Kepala
sekolah mempunyai visi yang jelas
2. Panduan
penyusunan rencana dan rencana oprasional
3. Pemberdayaan
siswa
4. Rasio
guru memadai
5. Kualifikasi
guru minimal S1
6. Kesiapan
guru mengajar
7. Ruangan
kelas memadai
8. Pertemuan
stakeholder
|
1.
Team work kurang memadai
2.
Sosialisasi kurang memadai
3.
ATK kurang memadai
4. Dukungan pendanaan kurang memadai
5. Penggunaan
metode mengajar kurang bervariasi
6. Lingkungan
fisik sekolah kurang nyaman/lengkap
7. Fasilitas/peralatan
mengajar kurang
|
B. Analisis Lingkungan Eksternal
PELUANG
|
TANTANGAN
|
1. Dukungan
orang tua tinggi
2. Partisipasi
aktif masyarakat
3. Adanya
lembaga pendidikan lanjutan di dekat sekolah
4. Adanya
bantuan teknis dari pemerintah
|
1. Bantuan
dari orang tua siswa belum memadai
2. Bantuan
dari pemerintah belum memadai
3. Adanya
lembaga lain setingkat lanjutan pertama di dekat sekolah
4. Lembaga
lain telah melakuakan inovasi program pendidikan
|
III.
Analisi
interaktif
A. Kekuatan peluang
1. Apakah
dengan dimilikinya visi yang jelas oleh kepala sekolah, menjadi tambahan
dukungan dari orang tua siswa?
2. Apakah
dengan adanya rasio, dan kualifikasi Guru yang memadai akan meningkatkan
bantuan teknis dari pemerintah dan masyarakat?
3. Apakah
dengan adanya bantauan teknis dari pemerintah akan menambah kesiapan Guru dalam
mengajar?
4. Apakah
Dengan adanya partisipasi dari masyarakat akan menambah jumlah siswa?
B. Kekuatan tantangan
1.
Bagaimana pemanfaatan visi sekolah
sebagai sarana mendapatkan bantuan dari pemerintah dan masyarakat?
2.
Bagaimana memanfaatkan fasilitas dan
tenaga pengajar untuk dapat bersaing dengan lembaga lain yang sederajat?
3.
Bagaimana menyaingi inovasi lembaga lain
dengan memanfaatkan kulifikasi Guru?
C. Kelemahan Peluang
1.
Bagaimana cara meningkatkan team work
sekolah dengan memanfaatkan dukungan dari orang tua siswa?
2.
Bagaimana mensiasati kekurangan ATK dengan
memanfaatkan dukungan Teknis dari pemerintah?
3.
Bagiamana menjadikan lingkungan sekolah
memadai/nyaman dengan memanfaakan dukungan dari masyarakat?
D. Kelemahan Tantangan
1.
Bagaimana mensiasati pendanaan yang
kurang dengan bantuan dari masyarakat dan pemerintah yang kuarang mencukupi?
2.
Bagaimana cara menjadi lebih unggul dari
lembaga sederajat yang ada di dekat sekolah, jika lingkungn fisik sekolah
kurang lengkap/memadai?
3.
Bagaimana menyaingi keunggulan inovasi
yang dibuat lembaga sederajat lain, jikan fasilitas/peralatan sekolah kurang?
IV.
PRIORITAS
MASALAH (DIAGRAM PARETO)
Diagram pareto umumnya mengatakan bahwa
80% dari problem dapat diselesaikan jika penyebab utamanya yang umumnya ditimbulkan oleh sekelompok kecil
penyebab utama (20%), dapat diselesaikan.
A. Tabel Jenis Masalah
NO
|
JENIS MASALAH
|
PERSEN KUMULATIF
|
1.
|
Team work kurang memadai
|
5%
|
2.
|
Dukungan pendanaan kurang memadai
|
15%
|
3.
|
Bantuan
dari pemerintah dan orang tua siswa belum memadai
|
20%
|
4.
|
Lingkungan
fisik sekolah kurang nyaman/lengkap
|
10%
|
5.
|
fasilitas
kuang memadai
|
30%
|
6.
|
Adanya
lembaga lain setingkat lanjutan pertama di dekat sekolah dan telah
|
15%
|
7.
|
Lembaga
lain melakukan inovasi dalam pendidikan
|
10%
|
8.
|
Metode
mengajar kurang bervariasi
|
5%
|
|
jumlah
|
100%
|
B. Diagram pareto
Y
100%
90%
80%
70%
60%
55%
50%
45%
40%
35%
30%
25%
20%
15%
10%
5%
No. 5 No.
3 No. 2
No. 6 No. 4 No. 7
No. 1 No. 8
V.
ANALISIS
DIAGRAM TULANG IKAN
VI.
PROGRAM
PENINGKATAN MUTU
A.
Pembenahan
manajemen dan kepemimpinan sekolah melalui program manajemen berbasis sekolah.
B.
Meningkatkan
Semua Aspek Pendukung Mutu Pendidikan (Tenaga, Sarana, Prasarana Belajar, Hasil
Belajar)
C.
Pemenuhan
kebutuhan fasilitas belajar, buku dan alat pembelajaran minimal;
D.
Pengangkatan
guru dan peningkatan kualifikasi, kompetensi tenaga kependidikan;
E.
Membangun
unit ruang kelas baru (RKB) bagi yang membutuhkan;
F.
Penataan
dan standarisasi sistem pembiayaan pendidikan minimal
G.
Peningkatan
proses pembelajaran yang efektif (berbasis kompetensi, pembelajaran
kontekstual, kecakapan hidup, belajar tuntas, mendorong kreativitas);
Tidak ada komentar:
Posting Komentar