Jumat, 10 Februari 2012

silabus kelas VII smt 1


SILABUS

Sekolah                                   : SMP NEGERI 2 RAJADESA
Kelas                                       : VII
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                                 : I (satu)
Standar Kompetensi                 : 1. Menunjukkan sikap positif  terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR
PENILAIAN

WAKTU

SUMBER PEMBELAJARAN
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
1.1    Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang
berlaku dalam masyarakat.

Norma -norma dalam masyarakat
·     kajian referensi dan mendiskusikan norma dari berbagai sumber tentang norma-norma , kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat, misalnya di Minangkabau, Batak, dll.

·    Perbedaan macam-macam norma yang berlaku dalam masyarakat.

·    Mencari informasi akibat dari tidak mematuhi norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat.


· Menjelaskan hakikat norma.

·  Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat.


·  Menguraikan macam-macam norma.

Tes tulis

Tes
uraian

1.   Jelaskan yang dimaksud dengan norma!

2.   Mengapa norma memiliki peran penting dalam masyarakat ?

3.   Uraikan macam-macam norma yang ada dalam masyarakat!

8          x 40’
8 x 40’
·       Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII ( 2007), artikel/berita di media massa,  dan lain-lain.

·      A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.
1.2.  Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara.

Norma hukum
·       Mencari informasi dari berbagai sumber tentang:
o    pengertian dan pembagian  hukum;
o    perbedaan hukum publik dan hukum privat.




·       Mendiskusikan tujuan dan fungsi  hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

· Menjelaskan pengertian hukum.

·  Menjelaskan pembagian hukum menurut sifat, bentuk, dan isinya.


·  Pentingnya  norma hukum dalam kehidupan bernegara.



·  Menjelaskan tujuan dan fungsi ditetapkannya  hukum dalam suatu negara.

Tes lisan



Tes tulis






Tes tulis



Daftar pertanyaan

Uraian






Tes pilihan ganda dan
uraian

Jelaskan pengertian hukum



Jelaskan pembagian hukum menurut:
1.          sifatnya
2.          bentuknya
3.          isinya

Alasan masyarakat memerlukan norma hukum adalah ….
a. ingin  berbuat yang terbaik bagi dirinya
b. belum semua kepentingan  terwadahi dalam norma yang lain
c.  tidak semua orang mentaati norma yang ada
d. hendak mewujudkan kepastian hukum


8 x 40’
·        Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII ( 2007), contoh UU, PP, atau Perda, artikel/berita di media massa, dan lain-lain.

·       A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.
1.3.Menerapkan norma-norma, kebiasaan-kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Norma -norma dalam masyarakat
·       Melakukan pengamatan dan membuat laporan terhadap penerapan norma di sekolah.

·  Menganalisis penerapan norma-norma di sekolah.

·  Melaksanakan norma di sekolah
Nontes
Pengamatan
Lakukan pengamatan tentang penerapan norma oleh teman-teman di kelasmu dalam format seperti berikut:

no.
Uraian
Pengamatan

1
Masuk kelas tepat waktu





2
Menghormati ibu/bapak guru





3
Berdoa sebelum/sesudah pelajaran





4
Berkata-kata sopan





5
Memakai seragam dengan rapi






1 = selalu
2 = sering
3 = kadang-kadang
4 = pernah
5 = tidak pernah
Dari hasil pengamatanmu, buatlah analisis/ kesimpulan bagaimana penerapan norma-norma yang ada di kelasmu! Lalu, presentasikanlah di depan kelas!
8 x 40’


































                                                                                                                                               
Mengetahui,

Rajadesa, 29 Agustus 2011
Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Rajadesa





AGUS SUPARMAN S., S.Pd., M.M.Pd.
NIP. 19660805 198803 1010

Guru mata pelajaran





AEN RUDIANA S.pd




SILABUS
Sekolah                       : SMP NEGERI 2 RAJADESA
Kelas                           : VII
Mata Pelajaran          : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                     : I (satu)
Standar Kompetensi   : 2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.


KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR
PENILAIAN

WAKTU

SUMBER PEMBELAJARAN
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
2.1. Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan.

Proklamasi kemerdekaan Indonesia

Kajian referensi dan mendiskusikan isi tulisan tentang sejarah penjajahan bangsa asing di Indonesia.

·  Menguraikan perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.

·  Mendiskusikan  arti kemerdekaan bagi suatu bangsa.

·  Menunjukkan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan.
Tes tulis








Tes tulis





Tes Tulis



Tes Uraian







Tes Uraian




Tes Uraian
·  Sebutkan perlawanan-perlawanan  yang dilakukan setelah tahun 1908  dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia!


·  Jelaskan makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi martabat dan kesejahteraan dan suatu bangsa!

·  Mengapa jiwa atau semangat proklamasi tetap diperlukan sepanjang hayat?

·  Tunjukkan contoh semangat proklamasi dalam kehidupan dewasa ini!
4 x 40’
·        Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII ( 2007), contoh UU, PP, atau Perda, artikel/berita di media massa, dan lain-lain.

·       A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.

2.2    Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama.

·   UUD 1945 sebagai konstitusi pertama
·   Pokok pikiran pembukaan UUD 1945

·         Mendiskusikan dan mensimulasikan  suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945.
·         Kajian referensi dan mendiskusikan hubungan proklamasi dengan UUD 1945.

·     Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945.

·     Mendeskripsikan sidang BPUPKI tanggal 10—17 Juli 1941.


·     Menguraikan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945.

Tes tulis





Tes tulis

Tes Uraian




Tes pilihan ganda
Uraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945!

Uraikan pokok-pokok pikiran pembukaan UUD 1945 !
UUD 1945 sebagai konstitusi pertama dibentuk oleh:
a.       BPUPKI
b.       PPKI
c.        MPR
d.       Presiden


4 x 40’





·        Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (2007), buku pengayaan, UUD 1945 pascaperubahan, dan teks Proklamasi.
·      A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.

2.3. Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945

Hubungan Proklamasi dengan UUD 1945
Kajian referensi dan mendiskusikan hubungan proklamasi dengan UUD 1945
·  Menjelaskan hubungan proklamasi dengan Pembukaan UUD 1945


·  Menguraikan makna alinea yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945

Tes tulis
Uraian
Sebutkan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 !

Jelaskan hubungan Proklamasi dengan Pembukaan UUD 1945!

Jelaskan makna yang terkandung dalam alinea ke-3 Pembukaan UUD 1945!
4 X 40’

·        Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (2007), buku pengayaan, UUD 1945 pascaperubahan, dan teks Proklamasi.

·       A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.

2.4.  Menunjukkan
sikap positif terha dap makna proklamasi kemerde kaan dan suasana kebatinan konstitusi pertama.

Proklamasi kemerdekaan dan UUD 1945

Mencari informasi dari berbagai sumber, menelaah, dan mendiskusikan  tentang makna proklamasi bagi kehidupan bangsa.
·     menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama.




























Kuesioner

Daftar
check list
Petunjuk: berilah tanda centang (v) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!

no
pernyataan
Ya
Tidak
1
Proklamasi membawa kebebasan bagi bangsa Indonesia.


2
Di negara yang merdeka, setiap warga negara bebas melakukan apa saja.


3
Pada saat Proklamasi Kemerdekaan dibacakan tanggal 17-8-1945, bangsa Indonesia belum mempunyai presiden.


4
UUD 1945 petama kali berlaku setelah ditetapkan oleh PPKI.


5
Penetapan UUD 1945 oleh PPKI melanggar UUD 1945



Keterangan:
Ya: sependapat dengan pernyataan  (skor 1 jika pernyataan positif, dan skor 0 jika pernyataan negatif)

Tdk: tidak sependapat dengan pernyataan (skor 0 jika pernyataan positif, dan skor 1 jika pernyataan negatif)






4 x 40’
·        Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (2007), buku pengayaan, UUD 1945 pascaperubahan, dan teks Proklamasi.
·       A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.

                                   
                                                                                               
Mengetahui,

Rajadesa, 29 Agustus 2011
Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Rajadesa





AGUS SUPARMAN S., S.Pd., M.M.Pd.
NIP. 19660805 198803 1010

Guru mata pelajaran





AEN RUDIANA S.pd







SILABUS
Sekolah                       : SMP NEGERI 2 RAJADESA
Kelas                           : VII
Mata Pelajaran          : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                     : II (dua)
Standar Kompetensi   : 3. Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakkan Hak Azasi Manusia (HAM).


KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR
PENILAIAN

WAKTU

SUMBER PEMBELAJARAN
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
3.1  Menguraikan hakikat, hukum, dan kelembagaan HAM.

·   Hakikat HAM
·   Landasan HAM
·   Lembaga HAM
Kajian referensi dan mendiskusikan tentang hakikat hak asasi manusia, dasar hukum, dan lembaga HAM


















· Menjelaskan pengertian HAM

· Menyebutkan dasar hukum penegakan HAM di Indonesia

· Menyebutkan lembaga-lembaga perlindungan HAM











Tes lisan




Tes tulis






Tes lisan



Penugasan




Daftar pertanyaan

Tes
pilihan ganda




Daftar pertanyaan


Tugas Kelompok


Apa yang kalian ketahui tentang  HAM?

Berikut ini merupakan dasar hukum HAK ASASI MANUSIA di Indonesia ....
a. UU No.20 Tahun 2003
b. UU No. 8 Tahun 1998
c. UU No. 32 Tahun 2004
d. UU No. 39 Tahun 1999
Sebutkan 3 lembaga perlindungan HAM
 di  Indonesia!

Tulislah hak-hak kalian sebgai anak sebagaimana terlampir dalam Undang-Undang No. 39 Tahun 1999 dan Undang-Undang No. 23 Tahun 2002, lalu analisislah pasal-pasal tersebut! Sudahkah hak-hak tersebut kalian peroleh?





4 X 40’
























·        Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (,2007), buku pengayaan, UUD 1945 pascaperubahan, UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM, UU No. 23 tahun 2002

·       A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.

3.2    Mendeskripsikan kasus pelanggaran dan upaya penegakan HAM

Kasus-kasus pelanggaran HAM
Mengamati, mencermati, dan membuat laporan tentang kasus-kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar tempat tinggal.
· Menganalisis kasus-kasus pelanggaran HAM di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.



· Mengemukakan partisipasi masyarakat dalam perlindungan HAM.

Tes lisan



Penugasan




Penugasan




Daftar
pertanyaan


Tugas rumah



Tugas
proyek



·    Berikan contoh kasus pelanggaran HAM yang terjadi di rumah, sekolah, dan lingkungan tempat tinggal kalian!
Tugas :
Buat klipping dari guntingan surat kabar tentang kasus-kasus pelanggaran HAM!

Tugas:
Wawancarailah anggota kepolisian setempat tentang upaya yang mereka lakukan dalam rangka penanganan pelanggaran HAM di wilayahnya!
4 x 40’













·  Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (,2007), buku pengayaan, UUD 1945 pascaperubahan,UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM, UU No. 22 Tahun 2002, UU No. 23 Tahun 2004, dan media massa

·       A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.


3.3    Menghargai upaya perlindungan HAM









Perlindungan dan Penegakan HAM
Kajian referensi dan mendikskusikan tentang peranan pemerintah dan lembaga perlindungan HAM.





· Menguraikan peranan pemerintah dan  lembaga  HAM terhadap perlindungan HAM








Tes tulis









Tes tulis
Tes
uraian









Tes
uraian

Uraikan secara jelas dan tepat peranan lembaga perlindungan HAM di bawah ini!
1.       Komnas Hak Asasi Manusia
2.       Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia
3.       Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan
4.       Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat

Jelaskan upaya pemerintah dalam melindungi HAM!

8 x 40’










·       Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (,2007), buku pengayaan, UUD 1945 pascaperubahan,UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM, Komnas HAM,YLBHI,Kontras,LSAM

·       A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.


3.4  Menghargai upaya      penegakkan HAM

Perlindungan dan
Penegakan HAM
·         Mengamati, mencermati, dan membuat laporan tentang upaya-upaya penegakan HAM.


·         Mengamati , mencermati, dan membuat laporan tentang upaya-upaya perlindungan HAM di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar tempat tinggal
·  Menjelaskan upaya pemerintah dan lembaga HAM dalam menegakkan HAM.

·  Menunjukkan sikap positif terhadap upaya perlindungan  HAM di wilayahnya


























Tes tulis






Kuesioner






























Daftar pertanyaan





Skala sikap































Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!

NO
PERNYATAAN
SS
S
N
TS
STS
1
Orang tua yang melakukan pelanggaran HAM harus diadili sesuai dengan tingkat kesalahannya.





2
Upaya penegakan HAM harus dimulai dari keluarga.





3
Guru adalah salah satu aparat penegak HAM di sekolah.





4
Kewajiban menegakkan HAM terletak  di tangan aparatur kepolisian dan LSM pemerhati HAM.





5
Guru yang menempeleng siswa karena tidak mengerjakan PR adalah bentuk upaya perlindungan HAM di kelas.







Keterangan:

SS: Sangat Setuju (bobot skor 5 jika pernyataan   positif, dan 1 jika negatif)

S: Setuju (skor 4 jika pernyataan positif dan 1 jika  negatif)
N: Netral/tidak berpendapat (skor 3)

TS: Tidak Setuju (bobot skor 2 jika pernyataan positif dan 4 jika negatif)

STS: Sangat Tidak Setuju (bobot skor 5 jika pernyataan positif dan 1 jika negatif





4 x 40’
·       Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (,2007), buku pengayaan, UUD 1945 pascaperubahan,Piagam HAM,UU No. 39 Tahun 1999 tentang HAM, Media massa,anggota kepolisian, dan tokoh masyarakat\


·       A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.





Mengetahui,

Rajadesa, 29 Agustus 2011
Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Rajadesa





AGUS SUPARMAN S., S.Pd., M.M.Pd.
NIP. 19660805 198803 1010

Guru mata pelajaran





AEN RUDIANA S.pd












SILABUS

Sekolah                       : SMP NEGERI 2 RAJADESA
Kelas                           : VII
Mata Pelajaran          : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                     : II (dua)
Standar Kompetensi   : 4. Menampilkan perilaku kemerdekaan mengemukakan pendapat.


KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR
PENILAIAN

WAKTU

SUMBER PEMBELAJARAN
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
4.1 Menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat.
Kemerdekaan mengemukakan pendapat
Mengamati, mencermati, dan membuat laporan tentang pelaksanaan kemerdekaan mengemukakan pendapat di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar tempat tinggal.
·  Menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat.



·  Menjelaskan dasar hukum kemerdekaan mengeluarkan pendapat.
·  Menguraikan bentuk-bentuk mengeluarkan pendapat di muka umum.









·  Menjelaskan akibat pembatasan kemerdekaan mengemukakan pendapat.

·  Menjelaskan  konsekuensi kebebasan mengemukakan pendapat tanpa batas.
Tes tulis






Tes tulis


















Tes lisan





Tes
lisan
Tes pilihan ganda





Tes pilihan ganda

















Daftar pertanyaan




Daftar pertanyaan




Kemerdekaan menyampaikan pendapat di muka umum adalah hak setiap ....
a.          WNI 
b.          WNA
c.          Penduduk
d.          Manusia
e.           
UUD 1945 memberikan jaminan terhadap kemerdekaan mengeluarkan pendapat. Jaminan tersebut tertuang dalam pasal ….
a.       27
b.       28
c.        29
d.       30

Wujud pelaksanaan kemerdekaan menyampaikan pendapat secara lisan di muka umum ....
a.          demonstrasi
b.          pawai
c.          rapat umum
d.          mimbar bebas




Apa akibatnya jika ada pembatasan kebebasan  mengemukakan pendapat ?




Apa akibatnya jika tidak ada batasan dalam  mengemukakan pendapat?
8 x 40’


























·   Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (2007), buku pengayaan, UUD 1945 pascaperubahan, media massa

·       A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.

4.2  Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengemuka-kan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.

Kemerdekaan mengemukakan pendapat
Diskusi dalam rangka mempraktikkan  kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab dengan tema “Narkoba”.
·    Menjelaskan hakikat kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.




·    Menjelaskan  tata cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.





·    Mendemonstrasi-kan bentuk menyampaikan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab

Tes
tulis










Tes
tulis










Pengamatan


Unjuk Kerja
Tes
pilihan ganda










Tes
pilihan ganda









Berikut ini adalah kewajiban dan tanggung jawab yang harus dipenuhi dalam menyampaikan pendapat di muka umum, kecuali ....
a.          menjaga keutuhan, persatuan, dan kesatuan bangsa
b.          menjaga keamanan dan ketertiban
c.          menjaga kepentingan kelompok/etnis tertentu
d.          menghormati hak dan kebebasan orang lain

Sebelum melakukan demonstrasi, penanggung jawab  terlebih dahulu
harus ....
a.          mendata jumlah anggotanya yang akan berdemo
b.          mengadakan mobilisasi anggota yang akan berdemo
c.          mengajak organisasi lain untuk berdemo
d.          memberitahukan kepada aparat berwenang selambat-lambatnya 3X24 jam
Buatlah slogan dengan tema Bahaya Narkoba!

Demonstrasikanlah slogan tersebut dengan memilih salah satu untuk menyampaikan pendapat

4 x 40’

·  Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (,2007), Buku Pengayaan, UUD 1945 pascaperubahan, media massa UU Parpol, tokoh masyarakat

·       A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.

4.3 Mengakuatlisa-sikan kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.
Kemerdekaan mengemukakan pendapat
Mengamati, mencermati, dan membuat laporan pelaksanaan kemerdekaan mengemukakan pendapat di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar tempat tinggal.
·  Menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan hak mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab.

Kuesioner
Skala sikap







NO

PERNYATAAN

SS

S

N

TS

STS
1
Bagi kelompok yang akan berdemo, diharuskan meminta izin terlebih dahulu.





2
Dalam berdemo, harus jelas siapa yang menjadi pimpinan, berapa jumlah peserta, dan apa yang akan disampaikan.





3
Hari Minggu tidak boleh melakukan demo.





4
Membakar foto presiden dan  lambang negara dalam berdemo merupakan tindakan pidana.





5
Berdemo yang disertai pengerusakan fasilitas umum merupakan tindakan anarkis.





4 x 40’
·  Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (,2007), buku pengayaan, UUD 1945 pascaperubahan,media massa,UU Parpol, tokoh masyarakat

·       A.T Sugeng priyanto, Dkk. (2008). Contextual teaching and learning Pendidikan Kewarganegaraan : SMP/Tsanawiah kelas VII edisi 4. Departemen pendidikan Nasional.



Mengetahui,



Rajadesa, 29 Agustus 2011

Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Rajadesa





AGUS SUPARMAN S., S.Pd., M.M.Pd.
NIP. 19660805 198803 1010

Guru mata pelajaran





AEN RUDIANA S.pd


Tidak ada komentar:

Posting Komentar